- Selamat Datang Di Blog ./Jaka_Attacker -

Tutorial Cara Optimasi Gambar Agar Lebih Mudah Untuk Di Indeks Oleh Pencarian Mesin Google




Selamat sore broo :D Sekarang saya akan shae eh share maksudnya :D hehe yaitu shahe Optimasi Gambar Agar Lebih Mudah Untuk Di Indeks Oleh Google Hehe gimana sob Judulnya Keren gak? :v :v Oiya nih bagi sobar blogger yang hanya sharing tetapi tidak mendapatkan Dollar saya udah share Tutorial Cara Mendapatkan Dollar Dari Situs Short Link Shorte.st 2014 Terbaru Dan Terlengkap Silahkan Di Klik Sob siapa tau butuh :v Haha saya banyak banget omong nih :D sekarang Waktunya Kembali ke Judul langsung saja Scroll Ke bawah :D dan baca yang bener yaa :v :v





Optimasi Gambar Agar Lebih Mudah Untuk Di Indeks Oleh Google

Optimasi gambar adalah aspek dari SEO yang sering kali diabaikan. Memiliki gambar yang sangat menarik adalah cara yang menjamin untuk meningkatkan pengalaman customer, dan sebagian besar pemilik website sekarang sudah mulai mengerti bahwa gambar yang bagus akan membuat customer terus terlibat dengan konten mereka.

Memiliki konten yang unik dan asli adalah hal yang akan menarik visitor dan search engine ke halaman anda, dan tujuan utama anda seharusnya adalah mengoptimasi konten anda, tetapi gambar anda lah yang sebenarnya menjual halaman anda.

Visitor akan melihat gambar anda dan langsung memahami apa yang gambar itu coba terangkan, tetapi search engine tidak memiliki kapasitas untuk menafsirkan gambar. Search engine hanya tahu bahwa itu adalah gambar, tetapi tidak tahu tentang apa gambar itu. Mereka tidak bisa menentukan apakah itu gambar orang atau mobil. Untungnya, ada beberapa cara untuk membantu search engine memahami isi gambar tersebut.

Gambar juga bisa digunakan sebagai jalan lain untuk mendorong traffic ke situs anda. Pencarian berdasarkan gambar, (contohnya adalah Google image) adalah cara yang terkenal bagi pengguna search engine untuk melakukan pencarian. Menaikkan halaman anda agar berada di puncak hasil pencarian adalah tujuan akhir dari SEO. Menaikkan gambar anda ke puncak hasil pencarian gambar seharusnya jangan anda abaikan.

Ada banyak cara untuk mengoptimasi gambar daripada sekedar menambahkan tag ALT ke gambar, tetapi dalam banyak kasus, tag inipun sering diabaikan orang.

Nama file gambar

Berikan penjelasan singkat tentang nama file gambar anda yang secara akurat menjelaskan isi gambar tersebut. Elemen-elemen yang perlu anda perhatikan dalam penamaan file gambar.
  • Nama file yang deskriptif. Nama file seharusnya menjelaskan tentang gambar tersebut. Contohnya: suatu gambar dengan nama file gambar1.jpg atau 2341.jpg tidak akan membantu search engine memahami gambar tersebut. Gunakanlah nama gambar yang deskriptif seperti gajah-besar.jpg
  • Pisahkan kata-katanya. Ketika membuat nama file gambar, pisahkan kata-kata di nama file untuk mempermudah search engine memahami nama file itu. Seperti singa-jantan-buas.jpg, bukan singajantanbuas.jpg
  • Underscore atau tanda penghubung. Google menganggap bahwa underscore dan tanda penghubung itu tidaklah sama. Google melihat tanda penghubung (-) sebagai pemisah kata, bukan underscore (_). Ketika membuat nama file gambar, gunakan tanda penghubung untuk memisahkan kata, bukan underscore. Google menganggap underscore sebagai penggabung kata, jadi gajah_besar.jpg itu sama dengan gajahbesar. Ketika Google bertemu dengan tanda penghubung di nama file, Google akan menafsirkannya sebagai pemisah kata. Jadi gajah-besar.jpg akan dianggap sama dengan gajah besar.
  • Keyword. Gunakan keyword yang sesuai di nama file anda, tetapi jangan sampahi search engine dengan keyword. Nama file gambar haruslah menjelaskan tentang gambar tersebut.
  • Jangan gunakan kata-kata seperti ‘a’, ‘the’, ‘and’, ‘dan’, ‘seekor’, ‘seorang’, ‘sebuah’ dan kata yang mirip lainnya. Contoh: a-lion-is-sleeping.jpg seharusnya diubah menjadi sleeping-lion.jpg. Jangan gunakan seekor-beruang-sedang-makan.jpg, tapi gunakan beruang-makan.jpg
  • Panjangnya nama file. Tidak ada panduan seberapa panjang seharusnya nama file itu. Buat saja sesingkat mungkin, yang penting nama ini menjelaskan gambar tersebut, tidak begitu panjang dan tidak begitu banyak berisi keyword.
  • Informasi lokasi. Jika sesuai, gunakan informasi lokasi di nama file. Contoh mcdonald-bintaro.jpg.


ALT Tag

ALT tag adalah alternatif teks yang digunakan untuk memberikan deskripsi gambar jika gambar tidak bisa ditampilkan dan untuk menyediakan deskripsi bagi orang yang menggunakan text reader. ALT tag juga memberikan makna bagi search engine untuk memahami gambar tersebut.

Poin penting ketika membuat ALT tag.
  • Panjangnya ALT tag. Alt tag seharusnya ada di angka lima dan lima belas kata atau 150 huruf. Jangan gunakan ALT tag sebagai tempat untuk menulis novel karena ini akan menyampahi search engine.
  • Keyword di ALT tag. Gunakan keyword di ALT teks, tapi ingat bahwa tujuan ALT tag adalah untuk menjelaskan gambar ketika tidak bisa ditampilkan, jadi jangan gunakan ALT sebagai tempat untuk menyampah.
  • Layout gambar. Layout dan gambar dekorasi seperti bullet dan icon sebagusnya ditempatkan di file CSS, tapi jika mereka harus dimasukkan di halaman HTML, gunakan teks alt yang kosong, seperti alt = “ “. Jangan tambahkan teks ALT jenis gambar semacam ini, seperti alt = “red bullet point”


Tag Judul Gambar

Tag judul gambar tidak ada efeknya bagi SEO, tapi ini adalah tag yang berguna karena bisa memberikan informasi tambahan ke visitor situs anda. Isi dari tag judul ini ditampilkan ketika pengguna mengarahkan mouse mereka ke gambar.

Anchor Text

Terkadang, anda ingin menghubungkan link ke gambar menggunakan link di dalam teks. Ketika melakukan ini, gunakan anchor text yang deskriptif yang menjelaskan gambar itu secara akurat.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membuat anchor text:

Anchor text harus deskriptif. Anchor text harus menjelaskan tentang gambar tersebut. Jangan gunakan anchor text seperti “image”, “picture”, “gambar”, “lihat juga”.

Keyword di anchor text. Anchor text akan membantu search engine untuk menaikkan posisi ranking anda jika digunakan secara benar, jadi gunakan keyword di anchor text, tapi ingat jangan pernah menyampah di anchor teks.

Caption

Caption menyediakan informasi tambahan tentang gambar anda. Ketika visitor mengunjungi suatu halaman, mata mereka langsung tertarik ke gambar, dan ketika mereka melihat gambar, mereka ingin tahu penjelasan gambar itu dan mereka akan membaca caption gambar itu jika ada.

Konteks gambar

Teks di halaman ketika gambar ditampilkan bisa membantu anda menyediakan konteks bagi gambar itu. Search engine bisa memahami subjek penting dari gambar itu dengan lebih baik, jika di isi dengan teks yang relevan.

Teks yang melekat di gambar

Jika teks itu penting, jangan pernah melekatkannya di gambar karena pengguna yang tidak bisa melihat gambar, tidak akan bisa juga melihat teks itu dan search engine tidak bisa membaca teks yang melekat di gambar.

Waktu loading gambar dan halaman

Kecepatan loading halaman adalah faktor yang digunakan seach engine ketika menentukan ranking halaman. Gambar mengambil porsi besar dari ukuran file suatu halaman, jadi mengoptimasi gambar untuk mempercepat kecepatan loading halaman adalah faktor penting untuk anda pertimbangkan. Gunakan gambar berkualitas bagus, tapi tetap jaga ukuran gambar serendah mungkin tanpa mempengaruhi kualitas gambar.

Spesifikasikan lebar dan tinggi gambar untuk mempercepat loading halaman.

Gunakan jenis ekstensi file yang tepat bagi gambar anda untuk menurunkan ukuran file. Tiga ekstensi file gambar yang utama adalah.
  • JPG – biasanya memiliki ukuran file yang besar dan digunakan untuk fotografi.
  • GIF – ukuran file yang paling kecil dan digunakan untuk gambar grafis.
  • PNG – memiliki ukuran lebih besar dibanding GIF dan biasanya digunakan untuk transparansi dan warna.


Jangan simpan file grafis dengan ekstensi JGP karena ini akan menambahkan hal yang tidak penting yang akan memperlambat loading halaman.

Direktori gambar

Memiliki banyak direktori bisa membuat search engine semakin susah untuk menemukan gambar anda. Susuh direktori gambar anda sesering mungkin. Sebaiknya anda hanya memiliki satu direktori gambar di website anda dan berikan nama direktori itu “gambar” atau “image”. Jika dibutuhkan, tambah sub direktori di dalam direktori gambar utama untuk menyusun gambar anda, tapi ingat jangan memiliki terlalu banyak direktori gambar.

Sitemap gambar

Menyediakan search engine seperti Google dengan peta situs gambar bisa mempermudah search engine untuk mencari lokasi dan mengindeks gambar anda. Google tidak menjamin gambar yang ada di peta situs gambar akan diindeks, tapi memiliki peta situs akan meningkatkan kemungkinan gambar anda akan diindeks nantinya.
Previous
Next Post »

7 komentar

Click here for komentar
22 Agustus 2014 03.24 ×

Thanks gan infonya sangat bermanfaat ;)

Balas
avatar
admin
22 Agustus 2014 07.03 ×

hehe terimaskih udah mamapir sobbb

Balas
avatar
admin
22 Agustus 2014 19.07 × Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
admin
23 Agustus 2014 01.25 ×

Widih Keren Nih Tutorial BISA DICOBA Dulu Nih :D

Balas
avatar
admin
23 Agustus 2014 04.45 ×

makasih gan tutorialnya :D
sangat bermanfaat banget nih buat pemula :D
izin share gan :D

Balas
avatar
admin
23 Agustus 2014 06.57 ×

hehe silahkan sob :D makasih udah berkunjung :D

Balas
avatar
admin
23 Agustus 2014 06.57 ×

hehe silahkan di share sob :D makasih udah mampir nih :D :v

Balas
avatar
admin

1. Berkomentarlah sesua topik pembicaraan
2. Dilarang membuat masalah/mengejek dengan komentator lain
3. Dimohon untuk berkomentar dengan bahasa Indonesia yang baku dan sopan
4. Dimohon tidak menggunakan kata-kata kasar saat berkomentar
5. Dilarang keras menaruh link aktif
6. Dilarang Promosi Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment