- Selamat Datang Di Blog ./Jaka_Attacker -

Perkembangan TI yang pesat mengakibatkan perubahan signifikan terhadap akuntansi

 Semakin maju TI, semakin banyak pengaruhnya pada bidang akuntansi. Hal ini mempengaruhi perkembangan sistem informasi akuntansi (SIA) dalam hal pemrosesan data, pengendalian intern, dan peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan.
Perkembangan SIA berbasis computer juga mempengaruhi proses audit. Akhirnya, kemajuan TI memberikan peluang baru bagi profesi akuntan. Peluang itu di antaranya konsultansi sistem informasi berbasis komputer, CISA, web trust audit dan sebagainya.
Perkembangan akuntansi berdasar kemajuan teknologi terjadi dalam tiga babak, yaitu era bercocok tanam, era industri, dan era informasi. Bener gak, sih?

Perubahan proses akuntansi akan mempengaruhi proses audit, karena audit merupakan suatu bidang praktik yang menggunakan laporan keuangan (produk akuntansi) sebagai objeknya. Praktik auditing bertujuan untuk memberikan opini terhadap kewajaran penyajian laporan keuangan yang dihasilkan oleh SIA. Sehingga perkembangan TI juga mempengaruhi perkembangan proses audit.

Jarene Arens, terdapat tiga pendekatan auditing pada EDP audit, yaitu audit sekitar komputer (auditing around the computer), audit melalui komputer (auditing through the computer), dan audit berbantuan komputer (auditing with computer).
Ketika dokumen sumber yang tradisional hanya dalam format elektronik auditor harus mengubah pendekatan audit. Pendekatan ini sering disebut dengan 'auditing through the computer'. Ada tiga kategori pengujian dari pengujian strategi ketika mengaudit melalui komputer, yaitu pendekatan data ujian, simulasi pararel, dan pendekatan modul audit tertanam.
Pada 'auditing with computer' untuk membantu pelaksanaan keseluruhan program pengauditan digunakan mikro komputer. Auditing ini dimaksudkan untuk melakukan otomatisasi terhadap proses pengauditan. Mikro computer akan mentransformasi beberapa fungsi audit. Auditing ini juga menggunakan software untuk melaksanakan pengujian terhadap pengendalian intern organisasi klien (compliance test juga termasuk lah) dan pengujian substantive terhadap catatan dan file klien.
Auditing with computer mengarah pada penerapan expert system di dunia pengauditan. Expert system adalah program komputer yang berciri intensif-pengetahuan yang menangkap keahlian manusia dalam wilayah pengetahuan yang terbatas. Pada expert system pengetahuan manusia dimodelkan atau direpresentasikan dalam satu cara yang bisa diproses oleh komputer. Kondisi-kondisi dalam penyusunan laporan keuangan dieksekusi dalam konstruksi IF-THEN. Jika kondisi adalah benar (true), maka suatu tindakan dilakukan.
Untuk keperluan EDP audit, auditor yang bersangkutan selain memiliki keahlian audit dana kuntansi juga harus memiliki keahlian komputer. Lebih-lebih jika auditor akan melakukan audit yang 'through' dan 'within the computer'.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
15 Agustus 2014 02.33 ×

kehlian seperti itu lagi diutuhkan sekali di indonesia, terutama bidag internet, saham du dunia internet marketing di indonesia lagi berkembang, sangat diperlukan kemampuan seperti ini. thanks gan informasinya

Balas
avatar
admin
15 Agustus 2014 02.49 ×

hehe iyah gan sama-sama :) terimakasih sudah mampir ^_^

Balas
avatar
admin

1. Berkomentarlah sesua topik pembicaraan
2. Dilarang membuat masalah/mengejek dengan komentator lain
3. Dimohon untuk berkomentar dengan bahasa Indonesia yang baku dan sopan
4. Dimohon tidak menggunakan kata-kata kasar saat berkomentar
5. Dilarang keras menaruh link aktif
6. Dilarang Promosi Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment